Intip Investasi Terbaik untuk Sisa Gaji 1 Jutaan

Manajemen gaji adalah hal yang krusial dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang perlu punya skill untuk mengatur pos belanja, pembayaran tagihan bulanan, hingga simpanan dana darurat atau dana pensiun. 


Setelah semua pos terpenuhi dan kamu masih punya sisa gaji kurang lebih satu jutaan, ada baiknya kamu mengalokasikan uang yang tersisa untuk investasi. Kalau kamu tertarik dengan investasi reksadana, kamu bisa gunakan aplikasi Pluang lho! Aplikasi investasi ini sudah terdaftar di OJK. 

Selain reksadana, ada investasi apalagi sih yang bisa kita lakukan dengan sisa uang 1 juta rupiah? Yuk, cek jawabannya lewat informasi berikut.

1. Investasi Reksadana yang Fleksibel
Dalam investasi uang tunai yang kamu miliki akan dialokasikan ke dalam bentuk lain. Contohnya unit reksadana, emas batangan, hingga saham.

Beberapa investasi mensyaratkan agar dana investasi baru bisa diambil setelah beberapa waktu. Namun, hal ini berbeda dengan reksadana. 

Kamu bisa mencairkan uang sewaktu-waktu apabila menanamkan modal di reksadana. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh reksadana adalah keuntungan yang tinggi. Investor bisa memperoleh keuntungan hingga 20 persen melalui reksadana. 

Enaknya lagi, kamu bisa memulai investasi di reksadana dengan nominal 15 ribu rupiah. Selain itu jika menggunakan aplikasi Pluang, kamu bisa memilih produk UOBAM Dana Membangun Negeri yang merupakan reksadana pendapatan tetap yang dananya nanti akan dialokasikan ke obligasi BUMN dan juga pemerintah. Ya hitung-hitung mengumpulkan cuan sekaligus membantu pembangunan negara. Menarik, kan?

2. Emas Batangan Bebas Inflasi
Selain reksadana, emas batangan juga menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Hal yang mendasari kecintaan orang-orang terhadap logam mulia ini adalah sifatnya yang tidak tergerus oleh inflasi alias merosotnya nilai uang.

Investasi emas juga bisa dicicil lho sekarang ini. Ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan tabungan emas yang bisa kamu cicil setiap bulannya. 

Setelah jumlahnya sesuai dengan harga emas yang ingin kamu beli, maka kamu dapat mencetak emas batangan yang kamu idamkan. Biasanya emas batangan ini tersedia dalam bentuk 1 gram hingga 1 kg. 

Apabila kamu belum mencetak emas batangan yang ada di tabungan emas, kamu bisa menjual aset emas berupa uang tersebut secara online. Emas yang telah kamu cetak pun bisa dijual kembali ke lembaga penyedia logam mulia atau bahkan bank.. 

3. Aset Kripto yang Booming
Jenis investasi lain yang bisa kamu beli dengan sisa gaji satu juta rupiah adalah kriptokurensi atau uang digital. Uang kripto yang paling terkenal dan diburu orang saat ini adalah bitcoin. 

Bitcoin sendiri adalah uang elektronik yang diciptakan oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin bisa kamu gunakan secara langsung di internet tanpa menggunakan perantara atau jasa bank. 

Banyak orang untuk mendapatkan bitcoin ini melakukan penambangan sendiri. Namun, bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu langsung saja gunakan aplikasi untuk membeli bitcoin.

Cobalah mulai berinvestasi dengan satuan terkecil bitcoin yang harganya hanya puluhan ribu saja. Aplikasi ini biasanya juga akan menampakkan naik turunnya harga uang kripto, sehingga kamu bisa segera menjual bitcoin apabila harganya sedang naik dan mendapat keuntungan.

4. P2P Lending
Pinjaman langsung kepada para pengusaha kecil yang membutuhkan modal juga bisa kamu coba untuk memaksimalkan sisa gaji satu juta rupiah yang kamu miliki. Sistem peminjaman langsung ini namanya Peer to Peer (P2P)  lending.

Lembaga keuangan biasanya hanya menjadi jembatan bagi bertemunya pemilik modal dan mereka yang membutuhkan modal. Sebelum memberikan bantuan modal melalui sistem P2P ini, pastikan kamu menggunakan aplikasi dari lembaga yang terpercaya dan selidiki juga profil dari calon peminjam.

Jangan sampai kamu mengalami yang namanya peminjam gagal bayar, sehingga modal yang kamu tanam hilang begitu saja. P2P Lending bisa dibilang sangat tinggi resikonya, namun keuntungan yang bisa didapatkan juga cukup besar hingga 20 persen per tahunnya. 

5. Investasi Saham
Investasi lain yang bisa kamu coba dengan sisa gaji 1 juta setiap bulannya adalah investasi saham. Modalnya pun bisa dibilang kecil, namun keuntungannya bisa sangat besar.

Investasi saham sekarang ini bisa kamu mulai dengan nominal 100 ribu rupiah saja. Inovasi ini dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) supaya anak-anak muda pun bisa turut berinvestasi walaupun dengan modal kecil. 

Dulu 1 lot saham terdiri dari 500 lembar, sehingga apabila harga 1 lembar saham Rp 1000, maka paling tidak kamu membutuhkan modal Rp 500 ribu rupiah untuk investasi saham. Sekarang, ketentuan itu berubah. 

Satu lot saham sekarang isinya hanya 100 lembar, sehingga bisa membuka kemungkinan untuk melakukan investasi dengan Rp 100 ribu rupiah saja. Dengan sisa gaji 1 juta rupiah kamu bisa membeli 10 lot saham setiap bulannya. 

6. Deposito Bank
Investasi paling aman yang bisa kamu lakukan dengan sisa gaji bulanan adalah deposito di bank. Jenis investasi ini sangat cocok buat kamu yang tidak ingin mengambil risiko tinggi dalam berinvestasi.

Terlebih deposito wajib dijaminkan ke Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Bunga deposito juga bervariasi tergantung dari tenor dan bank yang kamu pilih. Bunga deposito sendiri biasanya ada di kisaran 2 - 4 persen. 

Saat melakukan akad deposito, kamu nantinya akan diikat perjanjian hanya bisa mencairkan uang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Apabila kamu melanggar perjanjian itu, maka kamu akan dikenakan penalti atau denda. 

Itulah beberapa jenis instrumen investasi yang bisa kamu coba untuk sisa gaji 1 jutaan rupiah. Carilah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko investasi kamu. 

Pastikan kamu menanam modal di lembaga yang aman dan diawasi negara. Apalagi saat ini marak sekali lembaga investasi bodong. Selamat memilih investasi terbaik bagi masa depan!